Sedikit Pengetahuan Tentang PS3

Home » , » Sedikit Pengetahuan Tentang PS3
PLAYSTATE | Shanju31.com | Banyak dari kita yang tidak mengenal dasar-dasar atau Hal-hal yang terkait dengan PS3, khusunya Custom Firmware ( CFW ). Saat pertama kali memiliki PS3, saya juga belum mengerti apa sih CFW, OFW, Homebrew, Cobra, Rogero atau yang lainnya. 




Dan kali ini kita akan membahas Sedikit pengetahuan tentang PS3 yang saya ambil dari pengetahuan pribadi dan juga dari Referensi lainnya.


OFW dan CFW
  • OFW : Original Firmware
Merupakan Firmware Resmi atau System Keluaran Sony yang diberikan pada PS3, sehingga dengan OFW ini kita harus memerlukan BD Game ( Blu-ray Game ) untuk bermain. Kita harus membeli Game yang berupa Kaset Blu-ray yang dapat dibeli di Toko-toko Playstation maupun Online. Soal Harga jangan tanya, Developer membuat Game tidak dengan biaya yang sedikit, ratusan ribu bisa dikeluarkan  dan Pengguna OFW ini lebih banyak dari luar Indonesia, tapi tak sedikit juga dari indonesia dan bagi kalian yang ingin menghargai karya Developer Game Gunakanlah OFW serta BD yang asli.


  • CFW : Custom Firmware
Merupakan Firmware non-Official Sony alias Firmware yang dikembangkan oleh Cracker agar kita dapat memainkan Game Bajakan atau Hasil Download dari Internet. PS3 CFW sekarang ini marak dijual dipasaran karena lebih mudah tetapi dengan harga berbeda yaitu lebih mahal dari PS3 OFW, dan keuntungannya tidak usah bingung membeli BD Game lagi, cocok buat rental, dll. Tapi bagi kalian yang memiliki PS3 OFW , kalian bisa "Jailbreak" PS3 kalian di Toko-toko Playstation agar menjadi CFW dan harga untuk Jailbreak tersebut mungkin berbeda di setiap toko.


JAILBREAK
Proses ini dimulai dari hadirnya sebuah perangkat mirip USB, PSJailbreak, buatan GeoHot yang berisi kode-kode untuk membobol sistem keamanan Playstation 3. Perangkat yang biasanya disebut juga sebagai dongle ini membuat hacker dapat masuk ke dalam development mode konsol dan memasukkan berbagai aplikasi ke dalamnya. Celah tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan back-up game-game PS3 yang ada, membentuk disc bayangan layaknya .iso, dan membuat PS3 dapat memainkan game tersebut tanpa hadirnya kepingan blu-ray disc yang asli. Keuntungan yang lain tentu saja ketahanan lensa Playstation 3 karena semua proses bermain game diambil langsung dari harddisk. Sebenarnya efek “menjaga” lensa ini sendiri tidak terlalu signfikan sifatnya karena pada dasarnya blu-ray yang beredar sekarang ini semuanya adalah disc original dan tidak berpotensi merusak lensa dengan cepat. Namun jika dibandingkan dengan menggunakan disc dan jailbreak harddisk, tentu saja jailbreak akan membuat lensa/optic lebih tahan lama.


COBRA-NON COBRA CFW
Cobra CFW merupakan tambahan fitur-fitur di PS3 CFW agar kita dapat melakukan beberapa hal di PS3 Tanpa perlu dongle Cobra USB, sedangkan Non-Cobra CFW, kita harus mempunyai USB Dongle tersebut untuk dapat menjalankannya. Dan untuk masalah Rogero dan Habib merupakan nama Pengembangnya saja.



  






    *Dongle Cobra USB


  • KELEBIHAN 
Yang jelas Memliki Semua Fitur CFW Non Cobra aka CFW Biasa ( Sesuai versi dan Developer / pembuat ) Ditambah dengan Fitur :
1. Full Discless MODE atau dapat bermain tanpa Disc
2. Dapat Play Blu-ray dan DVD berformat .ISO
3. Dapat Play Game PS3 , PS2, PSX, atau PSP dengan format .ISO
4. Support NTFS Partition
5. Ada Add On seperti Webman, Lebih praktis dan simple
*Dengan Webman size 54KB kita dapat :
  • Load Game tanpa membuka Multiman
  • FTP Server dengan Remote Control
  • Kontrol Fan Dinamis dan bisa cek suhu saat main Game
  • Last Game (Game terakhir yang dimainkan) Tetap ter-load saat restart, tanpa harus load dari Webman atau Multiman dan File Manager lain lagi
  • Bisa auto Load Plugin (SPRX)
  • dan masih banyak lagi, silahkan coba webMAN dan eksplorasi sendiri.
6. Hampir semua Developer PS3 sekarang fokus ke COBRA CFW


  • KEKURANGAN
1. Karena masih baru, sehingga ada beberapa kendala kecil ( Bug ) tapi pada dasarnya sudah layak dipakai
2. Kompatibilitas Game Belum sebanyak CFW Biasa/Non-Cobra
3. Bagi Newbie atau pemula, akan membuat bingung kalo kurang baca/pengetahuan yang lebih dalam
4. Spoof Firmware Version di Cobra kurang aman!, terutama saat anda ter-spoof dan mau Upgrade CFW bisa terjadi Brick, Untuk itu Disable SPOOF di MMCM ( Cobra Manager ) atau gunakan CFW Cobra terakhir
5. Menyita waktu kalau Convert Game dalam Jailbreak Format ( Folder ) ke .ISO serta menyita Space Storage juga

But So Far, saya menggunakan Cobra tidak ada masalah sama sekali


Homebrew
Homebrew bisa dikatakan sebagai Aplikasi di PS3 CFW yang dibuat dengan Fungsi-fungsi tertentu untuk menunjang kinerja PS3, biasanya Homebrew tersebut berformat pkg yang kita install melalui Install Package File pada XMB. Homebrew di PS3 bermacam-macam sebagai contohnya File manager layaknya Multiman, Irishman dan lain-lain, Control Fan Utility, Last Game, FTP server, Spoof Enabler-Disabler, dan masih banyak lagi.



BACA JUGA : LIST CODE ERROR PS3


» If you like this post, you can back link with this code.

URL :


HTML link code :


» Like, follow and share just a minutes guys.
.
Share this article :